11 Tips Membeli ponsel 2nd atau second!

















Haloo semua! selamat pagi..bulan ini kayaknya banyak ponsel yang keren-keren dan harganya pun terbilang cukup murah dibanding tahun lalu, spesifikasi yang ditawarkan pun cukup membuat ingin memilikinya haha.. tapi tunggu dulu, apakah budget kalian sudah pas untuk membeli sebuah ponsel baru? jika masih kurang dan tidak sabar ingin membeli, sebaiknya beli second aja hehe... eitss jangan buru-buru dulu, perlu diperhatikan juga kondisi-kondisi ponsel yang ingin kalian beli. kali ini saya akan memberikan Tips Membeli ponsel 2nd atau second! cekidot:

1. Pastikan punya uangnya dulu, haha

2. Tipe/merek ponsel:
Kalian harus mementukan tipe/merek ponsel dulu, agar tidak bingung saat memilihnnya.

3. Ukuran ponsel:
Sesuaikan ukuran ponsel dengan tangan kalian, jangan sampe tangan kalian kecil pake ponsel jumbo bisa-bisa kurang nyaman digunakan.

4. Cek pada toko online:
Toko online seperti okeshop? bukan..hehe. contoh seperti Kaskus, OLX, Tokopedia, Bukalapak, dll. harga ditoko online ini  biasanya lebih murah daripada harga pada toko konter hape biasa dan kualitas juga ga jauh berbeda, lebih rekomended toko seperti itu.

5. Tahun pembuatan ponsel:
Perhatikan juga tahun pembuatan ponsel jika ingin ponsel yang kalian beli dalam kondisi                    baik/normal.Misal sekarang tahun 2015 bulan juli, pastikan ponsel tersebut baru dipakai 2-3 bulan yg lalu, tujuannya agar kalian bisa klaim garansi lebih lama jika ada kerusakan pada ponsel yang kalian beli.

6. Body:
Ini hal yang patut diperhatian adalah Body. Cek kemulusan pada body keseluruhan, jika ada dent/penyok maka kalian harus berfikir lagi jika ingin membelinya, karena jika ingin dijual lagi tidak susah.. TUNGGU DULU! ini sangat penting diperhatikan jika membeli ponsel yang berbahan metal/alumunium, karena body metal/alumunium sangat rentan penyok, sekali lagi harus diperhatikan dari sudut ke sudut,

7. Kelengkapan:
Beli ponsel second harus fullset dong, jangan cuma ponsel +cas doang yang ada cuma nyesel.. haha
biasanya terdapat: ponsel,charger,kabel data, headset, buku-buku, nota pembelian. Tapi tergantung vendor ponsel itu sendiri sih, ada yang ga di kasih kabel data, ada juga ga dapet headset.. lebih baik lihat review di Youtube dulu sebelum membeli.

8. Layar:
Perhatikan kondisi layar ponsel. perhatikan dengan sangat teliti apakah ada goresan atau bercak-bercak hitam.. karena bila tidak teliti, akan sangat menggangu. Dan cek juga responsifitas pada layar, bila kurang rensponsif pikir-pikir dulu aja deh, karena juga mengganggu saat scrolling.

9. Cek apakah normal?
Maksudnya? cek apakah bisa buat nelfon, sms, internet dll. cek speaker depan belakang. cek port usb, dan audio jack apakah masih berfungsi atau tidak.

10. Cek segel:
Cek segel pada ponsel yang kalian beli, biasanya terdapat dibawah battrey. untuk memastikan ponsel tersebut belum pernah sama sekali dibongkar.  

11. Tawar-menawar:
Hal terpenting adalah tawar-menawar.. tawarlah dengan wajar ya pake hati.. haha

Okeeyy sekian tips dari saya, semoga kalian mendapatkan yang diinginkan dengan kondisi normal dan murah haha.. thanks;)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment