8 Cara mempercepat kinerja Android yang lemot

Haloo semua! Tidak hanya sistem operasi komputer saja yang bisa lemot, sistem operasi ponsel juga bisa lemot seiring jangka waktu lamanya digunakan atau penurunan performa pada ponsel, terutama OS Android. Tau kan Android? pasti taulah, Sistem operasi ini sudah banyak digunakan oleh konsumen mulai dari anak-anak sampe kakek nenek, haha... Karena kemudahan User Interface nya..

Pasti kalian kesal dengan ponsel Android-nya yang semakin lemot, gampang nge-hang, trus-trusan ngelag, ini memang sering dijumpai pada ponsel Android. Walaupun spesifikasi yang sudah mumpuni, itu tidak menjamin 99% akan smooth atau lancar selamanya, tapi ada juga ponsel Android yang masih lancar walaupun punya banyak aplikasi. Hal tersebut di sebabkan beberapa faktor seperti banyaknya penggunaan aplikasi sehingga memori penuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.. Okeyy untuk cara mempercepat kinerja Android kalian, simak Tips dan Tricknya:

1. Menonaktifkan Live Wallpaper:
Tau kan Live Wallpaper? itu yang gambar bergerak pada homescreen kalian. Selain memboroskan baterai, ternyata Live Wallpaper dapat memperlambat kinerja Android smartphone kalian.. lebih baik pasang wallpaper biasa atau lebih sangat baik dengan wallpaper hitam, hehe

2. Hapus Aplikasi yang tidak penting/ jarang digunakan:
Kelebihan sistem operasi Android adalah banyaknya aplikasi di Play Store. Alhasil kalian akan memasang atau mengunduh berbagai aplikasi karena saking banyaknya dan keren-keren. Tanpa disadari kalian menginstal tanpa pertimbangan, ini akan membuat kinerja Android kalian semakin menurun bahkan lemot. Untuk itu hapus lah aplikasi yang jarang digunakan.

3. Terlalu banyak memasang Widget pada Homescreen:
Shortcut ini memang membuat tampilan Homescreen kalian keren, karena mempermudah melihat informasi seperti Jam, kalender, data statistik, atau update Sosmed dll. taukah kalian selain membuat baterai boros, memasang banyak widget akan memperlambat kinerja dan mempersempit ruang RAM. di anjurkan untuk memasang widget Jam/clock saja.

4. Jangan gunakan Launcher:
Launcher juga membuat lemot, jangan tergiur dengan deskripsi pada Play store yang katanya 'FAST, atau SMOOTH' tetap sajaa akan mempersempit ruang RAM dan membuat lemot Android. Bagi yang sudah terlancur instal lewat Playstore, uninstall saja. KECUALI, launcher bawaan sperti pada Xiaomi dengan MIUI nya, Lenovo dengan VIBEUI nya dan Samsung dengan TouchWiz UI nya, karena sudah diuji kinerjanya! malahan bisa membuat Android kalian semakin ringan dan kaya fitur.. 

5. Update firmware:
Hal ini sangat penting dilakukan, karena dengan melakukan update firmware kalian akan mendapatkan update berupa Fix bug, fix performa, bahkan bisa mengatasi masalah aplikasi yang tidak kompatibel.

6.  Hapus recent app:
Sebagian orang tidak peduli dengan recent app yang ada pada multitasking, dan sebagian orang jika membuka aplikasi trus mau kembali ke homescreen atau menjalankan aplikasi lain pasti menekan tombol home, akibatnya aplikasi sebelumnya akan berjalan di background dan akan memakan RAM. sebaiknya jika selesai buka aplikasi pertama, tutup melalui recent app/ multitasking, kecuali kalian sedang ingin menggunakan 2 atau lebih apliasi dengan bersamaan

7. Memori Interal penuh:
Perlu diperhatikan jika memori telepon atau internal kalian penuh. hal ini disebabkan terlalu banyak menginstal aplikasi. sebaiknya menyeimbangi pengguna memori yang ada atau ponsel Android kalian support move to SD card, pindahlah ke sd card. Jangan lupa memakai SD Card berkualitas tinggi, minimal Class 10

8.Hard reset/ kembalikan ke pengaturan pabrik:
Jika cara diatas belum juga mempercepat kinerja Android kalian, maka jalan satu-satunya adalah Hard reset.. hal ini membuat ponsel kalian seperti baru dan 100% menjadi enteng/ringan lagi, hehe.. ohiya jangan lupa backup file-file kalian sebelum melalukan Hard reset

Okey itulah tips dari saya, semoga berhasil dan ponsel kalian bekerja cepat. Mohon maaf bila ada salah kata. thanks! Jangan lupa share,like, dan comment ya..
Previous
Next Post »
Thanks for your comment